FAQ One Man One Ticket

Transjakarta sudah memberlakukan sistem Tap Out sejak tanggal 17 Agustus 2016 lalu dan sudah berlaku di 12 koridor pada 12 Oktober lalu. Dan terhitung sejak 11 Januari 2017, Transjakarta akan mulai  memberlakukan one man one ticket di koridor 1 – 12 Bus Rapid Transit (BRT). Dengan diberlakukannya sistem ini, Transjakarta juga dapat mendapatkan data mengenai lokasi tujuan pelanggan, menentukan pola perjalanan pelanggan, penyesuaian rute ataupun infrastruktur sehingga Transjakarta agar pelayanan kepada para pelanggan lebih maksimal.

Berikut ini adalah Fequently Asked Question (FAQ) berkaitan dengan sistem Tap out: One Man One Ticket ini:

Sejak kapankan sistem Tap out ini berlaku?

Sistem Tap out ini sudah berlaku sejak 17 Agustus 2016 lalu, sementara untuk One Man One Ticket mulai berlaku per tanggal 11 Januari 2017. Sebelumnya  untuk melihat FAQ berkaitan dengan sistem Tap out, klik disini.

Apakah saldo pada kartu saya akan terpotong dua kali karena melakukan Tap in dan Tap out?

Tidak, pemotongan saldo pada kartu pelanggan hanya akan terjadi satu kali yaitu pada saat Tap in.

Bagaimana jika saya transit dari Non-BRT ke koridor BRT (1-12)?

Untuk saat ini, Anda cukup menunjukkan bukti transaksi yang Anda peroleh dari petugas kami di kendaraan non-BRT kepada petugas yang berada di gate out (pintu keluar) halte BRT.

Apa yang terjadi jika saya tidak melakukan Tap out?

Jika Anda tidak melakukan Tap out, maka kartu Anda tidak dapat digunakan untuk tap in pada perjalanan selanjutnya. Sehingga sebelum memulai perjalanan selanjutnya, Anda perlu me-reset kartu Anda pada mesin BCT atau menghubungi petugas kami di lapangan. Dan kartu anda masih dapat digunakan untuk transaksi pada merchant lain (Indomaret, Alfamart, dll)

Bagaimana jika saya melakukan Tap in dengan menggunakan kartu orang lain?

Sejak berlakunya one man oneticket, setiap pelanggan transjakarta diwajibkan untuk memiliki kartu e-ticket untuk dapat menggunakan layanan Transjakarta.

Apakah saya perlu membeli kartu e-ticket baru terkait dengan implementasi sistem baru ini?

Jika Anda sudah memiliki kartu, Anda tidak perlu membeli kartu baru karena sistem ini tidak mengubah sistem transaksi kartu yang sudah ada.