FAQ Sistem Uji Coba Tap Out

Per 17 Agustus ini, Transjakarta akan memberlakukan sistem Tap Out, dimana semua pelanggan selain tapping saat memasuki halte, kini juga diwajibkan melakukan tap (tapping) sebelum keluar dari halte tujuan Anda.

Berikut adalah Frequently Asked Question (FAQ) berkaitan dengan sistem Tap Out ini:

Mengapa saya sekarang tidak bisa langsung keluar dari halte?

  • Karena per tanggal 17 Agustus 2016, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sudah mulai memberlakukan sistem Tap Out dimulai di koridor 1 sementara penerapan di 12 koridor lainnya.juga sudah berlaku pada bulan September 2016.

Mengapa mulai sekarang saya harus Tap Out sebelum keluar dari halte?

  • Karena dengan dilakukannya sistem Tap Out, maka pelanggan sudah membantu Transjakarta mendapatkan data mengenai lokasi tujuan pelanggan. Data ini akan digunakan untuk memperbaiki rute dan pelayanan dengan lebih maksimal sesuai dengan kebutuhan dari pengguna setia Transjakarta.

Sejak kapankah sistem Tap – Out ini berlaku?

  • Sistem Tap Out ini berlaku mulai tanggal 17 Agustus di koridor 1 dan selanjutnya sudah diimplementasikan ke seluruh koridor transjakarta.

Apakah saldo pada kartu saya akan terpotong dua kali karena melakukan Tap In dan Tap Out?

  • Tidak, pemotongan saldo pada kartu pelanggan hanya akan terjadi satu kali.

Apakah nantinya sistem Tap Out akan berlaku untuk seluruh koridor?

  • Ya, sistem Tap Out nantinya akan diberlakukan di seluruh koridor BRT maupun non-BRT.

Bagaimana jika saya transit dari Non-BRT ke koridor BRT (1-12)?

  • Untuk saat ini, Anda cukup menunjukkan bukti transaksi yang Anda peroleh dari petugas kami di kendaraan non-BRT kepada petugas yang berada di gate out (pintu keluar).

Bagaimana jika saya transit dari koridor lain (yg belum menerapkan tap out) ke koridor BRT (1-12) atau koridor yang sudah menerapkan tap out?

  • Anda perlu melakukan Tap Out dengan menggunakan kartu e-ticketing Anda di halte tujuan akhir Anda, bukan saat transit.

Apa yang terjadi jika saya tidak melakukan Tap Out?

  • Jika Anda tidak melakukan Tap Out, maka kartu Anda tidak dapat melakukan Tap In untuk perjalanan selanjutnya. Sehingga sebelum memulai perjalanan selanjutnya, Anda perlu me-reset kartu anda pada mesin BCT atau menghubungi petugas kami di lapangan.

Bagaimana jika saya melakukan perjalanan dari Koridor BRT (1-12) atau yang sudah menerapkan tap out dan melanjutkan perjalanan dengan bus non-BRT atau melakukan transit ke koridor lain?

  • Untuk saat ini, hal tersebut tidak menjadi masalah, Anda dapat langsung keluar dari halte tanpa melakukan Tap Out sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Bagaimana jika saya melakukan Tap In dengan menggunakan kartu orang lain?

  • Untuk saat ini, hal tersebut tidak menjadi masalah, Anda dapat melakukan Tap Out degan menggunakan kartu orang tersebut. Namun ke depannya, seluruh pelanggan Transjakarta diwajibkan untuk memiliki minimal 1 kartu e-ticketing per orangnya.