Merasakan Integrasi Transportasi di Ibu Kota

Kemudahan mengakses moda transportasi publik dirasakan sejumlah selebgram (influencer) pada Senin (28/1). Rombongan memanfaatkan fasilitas angkutan umum dalam perjalanan mereka.

Para selebgram yang berkumpul di Balai Kota disambut Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik Atika Nur Rahmania, Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono, Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar.

Dalam pertemuan tersebut Kadiskominfotik DKI Jakarta menyampaikan terima kasih atas partisipasi selebgram. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono memaparkan tentang integrasi angkutan umum publik di DKI Jakarta. Salah satunya adalah Jak Lingko. Program transportasi publik ini sukses menyediakan layanan terbaik bagi masyarakat.

Sementara itu, Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar menjelaskan perkembangan MRT Jakarta yang akan beroperasi di Maret 2019. Kemudian rombongan berangkat dari Balai Kota DKI Jakarta menggunakan bus tingkat milik Transjakarta menuju stasiun MRT di Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Di dalam bus, Agung mengungkapkan bus tingkat yang dikelola Transjakarta memiliki tujuh layanan, yakni
1. History of Jakarta (BW1) dengan rute Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional, Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda
2. Jakarta Modern (BW2) mulai dari Juanda-Monas-Balai Kota- Sarinah–Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.
3. Art and Culinary (BW3) memiliki rute Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.
4. Jakarta Skyscrapers (BW4) dengan layanan Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.
5. RPTRA Kalijodo (BW5) dari Balai Kota-Sarinah-Tosari, RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balaikota.
6. Makam Mbah Priok (BW6) melayani Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok.
7. Jakarta Shopping (BW7) dengan layanan dari Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota.

Setelah sampai di Bundaran Hotel Indonesia, rombongan disambut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Ia mengatakan transportasi publik merupakan penghubung antar masyarakat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan dari sarana maupun prasarana. Alhasil integrasi angkutan umum terwujud.

Setelah itu rombongan berangkat ke Lebak Bulus menggunakan MRT. Dalam perjalanan tersebut Direktur Utama MRT Jakarta maupun Direktur Utama Transjakarta memberikan pemaparan kepada selebgram akan transportasi publik.
Tiba di Stasiun Lebak Bulus, para undangan langsung disambut bus Transjakarta, Royaltrans. Bus premium ini mengantarkan selebgram ke Balaikota.
Di dalam bus Royaltrans, Agung mengungkapkan bus ini memiliki kapasitas untuk penumpang duduk sebanyak 30 pelanggan dan penumpang berdiri sekitar 13. Komposisi ini menghadirkan kenyamanan setiap masyarakat yang menjadi penumpang di bus tersebut.
Bus Royaltrans juga menggunakan tempat duduk dari busa yang lebar dengan konfigurasi menghadap kedepan untuk kenyamanan. Serta terdapat 1 buah TV 19 inch di belakang sopir untuk menghibur para pelanggan.
Selain itu bus ini dilengkapi 12 kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus. Maupun bagasi barang di dalam bus dan di luar bus.
Bus baru ini juga memiliki USB Port untuk pengisian gawai di setiap kursi penumpang. Serta dilengkapi tempat botol minum.