Smart Toilet Hadir di Halte Transjakarta

Semakin meningkatnya jumlah penduduk, toilet menjadi penting. Ketersediaan toilet umum di ruang publik menjadi kebutuhan utama. Dengan hadirnya toilet umum yang higienis akan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Demikian penegasan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono dalam peresmian Smart Toilet di Halte Transjakarta. “Smart toilet akan berada di halte Monas dan halte Balaikota,” ujarnya di Balaikota, Jakarta, Senin (7/10).

Setelah halte Monas dan halte Balaikota dilengkapi Smart Toilet, Budi mengatakan Transjakarta akan menyediakan fasilitas ini di sarana Transjakarta. Kehadiran Smart Toilet di halte Transjakarta, menurut Budi, akan semakin meningkatkan kenyamanan pelanggan transportasi milik pemerintah provinsi DKI Jakarta tersebut.

Berdasarkan data, pelanggan Transjakarta saat ini telah mencapai rata-rata 470 ribu setiap harinya, meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya. Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PD PAL Jaya Subekti menjelaskan Smart Toilet di halte Transjakarta merupakan toilet yang dilengkapi dengan teknologi guna meningkatkan kualitas dan efisiensi. Fasilitas ini juga memiliki tangki air dan septic tank yang mampu mengolah air limbah dari toilet sehingga efluen nya aman untuk dibuang ke badan air.

Smart Toilet di halte Transjakarta menggunakan sistem tapping untuk melakukan pembayaran. Selain itu terdapat sensor otomatis untuk lampu dan exhaust fan untuk menghemat listrik. Sistem toilet ini dapat mengumpulkan data pemakaian toilet seperti jumlah pengguna, durasi pengguna, dan waktu penggunaan. Keunggulan ini memudahkan pemeliharaan agar mengetahui sisa air yang ada. Penggunaan air di toilet ini pun lebih efisien dibandingkan toilet konvensional karena hanya menggunakan 2-4 L air per flush, dan menggunakan sensor keran.

Ia menambahkan Smart Toilet menerapkan konsep anti-vandalisme dalam artian sanitary wareyang tidak mudah rusak. Keran air, soap dispenser, tempat tissue, dan tempat sampah berada di dalam tembok dan tidak dapat disentuh langsung oleh pengguna, sehingga meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh interaksi pengguna dengan sanitary ware yang ada.

Smart Toilet di halte Transjakarta juga ramah disabilitas dengan tersedianya ruang kosong untuk kursi roda. Dan dilengkapi dengan hand rail maupun SOS button yang disambungkan ke kasir halte Transjakarta.

Untuk mempertahankan kebersihan Smart Toilet di halte Transjakarta, sarana ini dilengkapi dengan cleaning service yang menjaga kebersihan toilet, serta dilengkapi dengan pewangi ruangan. Ia memastikan PD PAL Jaya akan melakukan pengawasan secara berkala oleh PD PAL Jaya. “Pemeliharaan fungsi mekanis toilet dilakukan oleh tenaga professional,” ungkapnya.

Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)