Transjakarta Serahkan Dukungan untuk Penanganan Stunting Senilai 282 Juta

JAKARTA, 12 Desember 2023 – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyerahkan bantuan dukungan senilai Rp. 282 juta untuk anak-anak yang mengalami maupun berpotensi terkena gangguan pertumbuhan pada anak atau lebih dikenal dengan stunting.

Penyerahan bantuan dukungan ini dilakukan langsung oleh Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Welfizon Yuza serta dihadiri juga oleh Direktur Keuangan, SDM dan Dukungan Bisnis Mayangsari Dian Irwantari. Penyerahan secara simbolis dilaksanakan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kampung Pulo Sari, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur pada hari ini, Selasa (12/12).

“Ini merupakan bukti hadirnya pemerintah melalui lembaga dan instansi terkait. Semoga ini akan memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Saya sudah berkoordinasi dengan pak Dirut Transjakarta, bantuan ini akan diserahkan di dua kecamatan yakni kecamatan Makassar dan Kramat Jati,” kata Walikota Jakarta Timur Muhammad Anwar di lokasi.

Dalam kesempatan yang sama, Welfizon Yuza selaku Direktur Utama PT Transportasi Jakarta meyampaikan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Perusahaan selaku Badan Uasaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di sektor transportasi dalam mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dan harapannya dapat membantu dalam pengentasan masalah stunting khususnya di wilayah Jakarta Timur.

“Bantuan ini akan didistribusikan kepada sebanyak 235 orang selama 60 hari ke depan melalui bantuan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) DKI Jakarta Timur. Kita akan lihat perkembangannya dalam waktu seminggu, apakah anak akan bertambah berat badannya atau tidak. Jika tidak ada perubahan, segera ke Puskesmas konsultasikan. Pastikan anak ini sehat atau ada penyakit lainnya,” katanya.

Untuk diketahui, program stunting merupakan Program Prioritas pemerintah yang tertuang dalam Peraturan presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 578 tahun 2021 tentang Tim Konvergensi Pengendalian Stunting di Provinsi DKI Jakarta.

Catatan angka stunting di Indonesia sendiri hingga saat ini telah mengalami penurunan di angka 24.4 persen (berdasarkan catatan SSGI 2021) dari sebelumnya 27.7 persen (berdasarkan catatan SSGI 2019). Selanjutnya, pemerintah menargetkan penurunan angka stunting sebesar 14 persen di tahun 2024.



PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)