Transjakarta Raih Penghargaan Utama Inovasi Terbaik IDX Channel

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali meraih prestasi di tengah kondisi pandemi yang masih melanda negeri dengan meraih penghargaan utama dalam ajang IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) yang mengusung tema ‘Accelerating Economic Recovery in Pandemic’.

Dalam acara yang digelar secara virtual pada, Kamis (19/8) malam lalu, Transjakarta berhasil memenangkan penghargaan utama untuk kategori Product dan Model Bisnis untuk Tije Apps sebagai platform bisnis dan layanan pelanggan terintegrasi.

Aplikasi tije merupakan jantung platform bisnis dan layanan pelanggan secara digital, dihadirkan sebagai salah satu solusi terbaik yang dihadirkan di tengah pandemi yang membuat segala aktivitas menjadi sangat terbatas. Dan diharapkan dapat memudahkan masyarakat ketika menggunakan layanan Transjakarta baik dalam melakukan pembayaran, pemesanan tiket hingga melihat posisi serta waktu kedatangan bus secara real time sehingga semua pembayaran menjadi touchless dan cashless yang diharapkan bisa meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Penghargaan ini tentu bakal menjadi motivasi bagi PT Transportasi Jakarta untuk terus bertransformasi dari berbagai sisi untuk terus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada jutaan pelanggannya.

“Transjakarta mengucapkan rasa terima kasih yang sangat besar atas penghargaan ini. Semua tentunya tidak lepas dari dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang terus memberi dukungan pada setiap inovasi yang dilakukan Transjakarta hingga saat ini, termasuk dengan TIJE Apps yang telah dinikmati masyarakat sejak akhir 2020 lalu,” ujar Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo di Jakarta.

Dia mengatakan, penghargaan ini sendiri ditujukan guna memberi apresiasi kepada perusahaan dan pemimpin perusahaan yang aktif dalam melakukan upaya pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Adapun bagaimana cara sebuah perusahaan dalam menyelesaikan masalah, menciptakan nilai tambah baik kepada pelanggan maupun klien dan meningkatkan kinerja sistem agar memiliki dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan, terutama di masa pandemi menjadi tolak ukur utama dalam proses penilaian.

“Tentu saja ini menjadi salah satu solusi terbaik yang kami hadirkan di tengah pandemi yang membuat segala aktivitas menjadi sangat terbatas,” tandasnya.

Jhony melanjutkan, TIJE Apps merupakan salah satu inovasi dan bentuk transformasi yang sedang terus digalakkan oleh perusahaan. Ke depannya Transjakarta tengah mempersiapkan inovasi lainnya yang diperuntukkan untuk kemudahan masyarakat dalam hal transportasi, salah satunya dengan menerapkan sistem Face Regocnition sebagai akses masuk ke dalam gate halte. Inovasi ini dilakukan selain untuk memudahkan masyarakat, juga sebagai bukti akan konsistensi Transjakarta dalam memberikan pelayanan terbaik dan berupaya untuk mengikuti perkembangan jaman serta teknologi yang terus berkembang dari waktu ke waktu, tidak terkecuali di sektor transportasi.

“Semoga apresiasi ini menjadi dorongan bagi Transjakarta untuk terus berkembang dan beradaptasi untuk pemanfaatan teknologi di segala lini termasuk dalam bisnis dan layanan publik secara beriringan. Diharapkan bisa menjadi daya saing perusahaan dan meningkatkan kontribusi maksimal bagi masyarakat dan juga bangsa,” tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, TIJE Apps merupakan platform digital yang diluncurkan pada Oktober 2020 lalu dengan menghadirkan fitur awal yakni Transfer tiket, Digital QR Ticketing, Smart Assistance, Estimasi kedatangan bus secara real time. Pada saat diluncurkan, kecepatan proses transfer tiket mencapai maksimal 5 (lima) menit dengan kapasitas internet yang memadai dan kecepatan tap in pada gate koridor yang tercatat hanya 2 (dua) hingga 3 (tiga) menit saja. Kemudian, pengembangan aplikasi terus dilakukan dengan kembali meluncurkan sebanyak 6 (enam) fitur tambahan yang tidak kalah canggihnya serta ramah kesehatan yakni homepage dengan tampilan yang lebih simple dan menarik, Tjari bus, Tjari Rute, Informasi rute, Informasi Halte dan Loyalti-je. Menariknya, proses pembayaran semakin dimudahkan dengan pembayaran digital menggunakan E-wallet dari LinkAja dan AstraPay.

Di luar itu, Transjakarta tetap menghimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak. Namun jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk selalu menerapkan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas hanya untuk keperluan penting saja.

Untuk selalu mendapatkan informasi terbaru tentang Transjakarta bisa mengakses media sosial Transjakarta di Twitter: @PT_Transjakarta dan Instagram: @pt_transjakarta. Serta gunakan selalu aplikasi TIJE untuk mendukung mobilitas.

 

 

 

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta)