Sistem tiket pada halte Transjakarta sejak 2013 menggunakan kartu elektronik (e-ticketing), sebagai pengganti uang tunai. Operator koridor tidak menerbitkan kartu tersebut, melainkan menggunakan kartu prabayar yang dikeluarkan oleh bank. Bank tersebut yakni Bank Rakyat Indonesia (BRIZZI), Bank Central Asia (Flazz), Bank Negara Indonesia (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Bank Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), Bank DKI (JakCard), serta Bank Mega MegaCash.

Awalnya pelanggan hanya melakukan transaksi tiket dengan cara Tap In di Barrier Gate saat masuk ke dalam halte. Berikutnya per 17 Agustus 2016, pelanggan juga harus melakukan Tap Out saat keluar dari halte. Saldo uang elektronik hanya akan terpotong pada saat Tap In (masuk ke halte). Tidak ada perubahan tarif terkait dengan pemberlakuan Tap Out. Dengan melakukan Tap Out maka pelanggan sudah membantu Transjakarta mendapatkan data mengenai lokasi tujuan pelanggan. Data ini akan digunakan untuk memperbaiki rute dan pelayanan dengan lebih maksimal sesuai dengan kebutuhan dari pengguna setia Transjakarta.

g1

 

Prosedur Pembelian Tiket & Top Up

  • Kartu dapat dibeli di bank penyedia kartu prabayar dan loket pada seluruh halte Transjakarta
  • Pengisian saldo dapat dilakukan di ATM, bank-bank terkait, dan loket halte. Kartu tersebut, (kecuali untuk Bank DKI (JakCard) dan Bank Mega MegaCash), dapat juga digunakan sebagai tiket Commuter Line.

Petunjuk Penggunaan Tiket

  • Pengguna e-ticket tidak perlu mengantri di loket halte, cukup dengan tap-in di pintu masuk halte (barrier) lalu masuk ke dalam halte
  • Apabila saldo habis, maka saat tap-in pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu dapat mengisi ulang di loket halte ataupun atm dan merchant yang bekerja sama dengan bank tersebut.
  • Semua pengguna Transjakarta yang akan keluar halte melakukan tap out sebelum keluar halte tujuan akhir. Pelanggan tidak perlu tap untuk transit, tap out hanya dilakukan pada halte tujuan akhir.

h1

 

 

Tarif TransJakarta & Transjabodetabek

  • Pkl. 05.00 – Pkl. 07.00 WIB: Rp. 2.000
  • Pkl. 07.00 – Pkl. 24.00 WIB: Rp. 3.500
  • Pkl. 24.00 – Pkl. 05.00 WIB: Rp. 3.500