Pertanyaan Seputar Layanan Royaltrans Adaptasi Baru

  1. Apakah layanan Royaltrans itu?
    Layanan Royaltrans adalah layanan dari Transjakarta dengan tarif premium, yang dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat duduk dengan busa yang lebar dan reclining seat, USB port di setiap kursi, 12 camera CCTV yang memantau setiap area di dalam dan di luar bus, serta bagasi barang.
  1. Apa yang berbeda dengan layanan Royaltrans sebelum ada pandemi covid-19?
    Ada banyak perubahan yang dilakukan Transjakarta untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan, seperti penerapan protokol kesehatan, pembatasan kapasitas pelanggan, dan sebagainya.
  1. Kapan Royaltrans adaptasi baru ini mulai beroperasi?
    Direncanakan mulai 14 Juli 2020 Royaltrans akan mulai beroperasi di rute terbatas, dan secara bertahap akan dioperasikan ke seluruh rute yang tersedia (disesuaikan dengan situasi dan kondisi kesehatan wilayah).
  1. Rute apa saja yang akan dioperasikan pertama kali di masa adaptasi baru?
    Saat ini Royaltrans baru melayani rute 1K Cibubur Junction – Blok M, dan 6P Cibubur – Kuningan.
  1. Berapa tarif Royaltrans?
    Saat ini tarif Royaltrans adalah sebesar Rp. 20.000,-
  1. Bagaimana tata cara menggunakan layanan Royaltrans?
    *) Pelanggan harus melakukan pemesanan bangku lebih dulu melalui aplikasi Tijeku untuk keberangkatan H-1, paling lambat jam 22.00 WIB. Sedangkan untuk arah kepulangan, pelanggan bias melakukan pemesanan pada J-5 (pada hari H, paling lambat jam 10:00 WIB)
    *) Pelanggan sudah berada di lokasi maksimal 3 menit sebelum waktu perjalanan.
    *) Tunjukkan notifikasi ketersediaan bangku yang diperoleh dari aplikasi Tijeku kepada petugas kami sebagai konfirmasi.
    *) Lakukan tap-in menggunakan KUE (Kartu Uang Elektronik) Anda pada alat TOB (Tap on Bus) yang tersedia di dalam bus.
    *) Duduk di bangku sesuai no bangku yang ada di notifikasi yang diterima.
    *) Lakukan tap-out saat Anda turun dari bus.
  1. Bagaimana Transjakarta menerapkan protokol kesehatan di unit Royaltrans?
    Protokol kesehatan yang diterapkan :
    *) Bus melalui proses sanitasi (penyemprotan dengan cairan disinfektan) sebelum melayani pelanggan.
    *) Disediakan hand sanitizer di setiap armada bus.
    *) Pelanggan wajib menggunakan masker selama dalam perjalanan dan di himbau tidak melakukan pembicaraan baik dengan sesama pelanggan maupun melalui Handphone.
    *) Kapasitas bus dibatasi maksimal hanya 15 orang/ bus.
  1. Berapa orang kapasitas dalam 1 bus?
    15 Orang ( atau 50% dari total 30 bangku yang tersedia)
  1. Apakah jadwal keberangkatan Royaltrans masih sama seperti yang dulu?
    Jadwal keberangkatan maupun kepulangan Royaltrans dapat berubah sewaktu-waktu, Anda dapat melihatnya pada Tijeku pada saat Anda akan melakukan pemesanan bangku.
  1. Pengalaman saya dulu setiap mau naik Royaltrans selalu berbaris antre dan suka tidak kebagian tempat karena sudah penuh. Bolehkah saya lakukan order bangku dari hari sebelumnya?
    Saat ini pelanggan harus melakukan pemesanan ketersediaa bangku pada H-1, sehingga tidak ada lagi system antrean ditempat (untuk menghindari kerumunan). Penyesuaian ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk perlindungan kami kepada para pelanggan, untuk mencegahan penularan virus covid-19 di area publik.
  1. Apakah ketika naik Royaltrans akan di cek suhu tubuh? Berapa batasannya? Bagaimana bila suhu pelanggan melebihi batas tersebut?
    Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh pelanggan lebih dulu sebelum pelanggan menaiki bus Royaltrans. Bila suhu tubuh melebihi 37.5 derajat Celcius, maka pelanggan tidak diijinkan melanjutkan/menggunakan layanan Royaltrans demi keamanan bersama. Pelanggan dapat pulang atau langsung berobat ke klinik terdekat.
  1. Bagaimana jika saya lupa membawa KUE (Kartu Uang Elektronik) atau saldo saya habis?
    Pada masa adaptasi baru ini, Transjakarta tidak lagi menerima transaksi tunai. Sehingga pelanggan wajib menggunakan KUE sebagai media alat  transaksi pembayaran. Pelanggan dapat mengisi saldo ataupun membeli kartu perdana di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan para bank penerbit KUE.
  1. Apakah untuk pemesanan bangku bisa lebih dari satu orang dan langsung pesan untuk PP (Pulang Pergi)?
    1 (satu) akun pelanggan hanya dapat memesan 1 nomor bangku. Setelah transaksi selesai, baru dapat melakukan pemesanan kembali (untuk kepulangan).
  1. Apakah di bus Royaltrans disediakan hand sanitizer?
    Diseluruh armada Royaltrans yang beroperasi disediakan hand sanitizer (lihat no.7)
  1. Berapa batas usia minimal anak-anak untuk bisa melakukan pemesanan bangku Royaltrans ini?
    Saat ini tidak ada Batasan usia, seluruh pelanggan yang memiliki aplikasi Tijeku dapat melakukan pemesanan. Namun bila telah melakukan pemesanan namun tidak menggunakannya (tidak melakukan pembatalan) maka  pelanggan akan kami blacklist untuk beberapa waktu kedepan.
  1. Apakah jumlah bus akan di tambah dengan terbatasnya jumlah penumpang pada setiap bus?
    Jumlah bus akan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan serta ketersediaan unit.
  1. Saya adalah tenaga kerja rumah sakit yang sebelumnya dilayani menggunakan unit Royaltrans. Apakah dengan beroperasinya kembali royaltrans premium ini, layanan tenaga kerja rumah sakit akan tetap ada?
    Layanan Royaltrans tenaga kesehatan akan disesuaikan dengan ketersediaan layanan transportasi di lokasi tenaga kesehatan berada.
  1. Bagaimana sistem pemesanan di aplikasi Tijeku apakah berdasarkan siapa cepat dia dapat atau sistem acak saja?
    Pemesanan dapat dilakukan berdasarkan ketersediaan jumlah bangku yang ada (15 Bangku pada 1 Armada Royaltrans) per trip.
  1. Apa saja syarat dan ketentuan jika ingin menikmati layanan Royaltrans saat ini?
    Unduh aplikasi Tijeku dari android Anda. Lakukan registrasi dan melakukan pemesanan bangku keberangkatan pada H-1 paling lambat jam 22:00 WIB, dan pemesanan bangku kepulangan pada J-5 (Hari H, paling lambat jam 10:00 WIB) (lihat no. 6)
  1. Apakah ada ketentuan khusus bagi lansia dan penyadang disabilitas jika ingin menikmati layanan ini?
    Tidak ada ketentuan khusus bagi lansia maupun penyandang disabilitas, seluruh pelanggan harus melakukan pemesanan bangku melalui aplikasi Tijeku dan berbayar normal sesuai tarif yang telah ditetapkan (layanan gratis tidak berlaku pada Royaltrans premium).
  1. Saya sudah download aplikasi Tijeku namun tidak ada menu Tiketku atau pemesanan bangku Royaltrans?
    Aplikasi Tijeku untuk pemesanan bangku Royaltrans sementara baru tersedia untuk pengguna android, dan pastikan anda sudah mengupdate ke versi 1.6
  1. Bagaimana dengan saya yang menggunakan iphone?
    Aplikasi Tijeku sudah tersedia untuk Android (play store) maupun iPhone (apps store), namun untuk menu Tiketku di IOS saat ini masih dalam proses sehingga belum dapat digunakan.
  1. Apabila saya sudah lakukan pemesanan bangku di Tijeku tetapi kemudian saya berhalangan untuk berpergian, apakah kursi saya dikosongkan atau digunakan untuk pelanggan walk in?
    Kursi yang sudah dipesan akan hangus bila pemesan pada hari yang dipesan tidak hadir dan melakukan tap-in pada alat TOB (Tap On Bus) yang tersedia. Royaltrans tidak lagi melayani antrean pelanggan untuk mengurangi risiko yang terjadi pada kerumunan orang.
  1. Bagaimana cara melakukan pemesanan bangku dari aplikasi Tijeku? Apa saja langkah-langkahnya?
    Pelanggan dapat membuka aplikasi Tijeku, pilih menu Tiketku, pilih Royaltrans, pilih rute yang hendak digunakan, lalu pilih waktu keberangkatan.
    Pelanggan akan menerima notifikasi/konfirmasi nomor bangku, untuk nantinya ditunjukkan kepada petugas Royaltrans yang berjaga.
  1. Mengapa tidak ada pilihan titik penaikan?
    Kami sudah mempertimbangkan itu, namun saat ini masih dalam proses develop kami. Mohon maaf atas kekurangan ini, kami masih terus mengembangkan layanan-layanan demi kenyamanan pelanggan Transjakarta.
  1. Bagaimana caranya saya tahu bahwa booking seat saya diterima?
    Pelanggan akan mendapatkan konfirmasi pemesanan bangku yang berisi keterangan waktu keberangkatan (tujuan, hari, jam, dan tanggal) serta nomor bangku.
  1. Apakah ada menu pembatalan order ketika saya di terima tapi berhalangan untuk berangkat atau saya konfirmasi ke mana?
    Pelanggan dapat melakukan pembatalan melalui fitur yang tersedia sesuai dengan maksimal waktu keberangkatan maupun kepulangan, sehingga bangku yang dipesan dapat digunakan oleh pelanggan lainnya.
  1. Apakah saat ini sudah menerima pembayaran Royaltrans melalui source of fund seperti Gopay, LinkAja, Dana, Ovo, dll?
    Saat ini masih dalam pengembangan, sehingga pembayaran masih dilakukan menggunakan KUE yang di tap pada alat TOB yang tersedia dalam bus.
  1. Berapa lama waktu tiba kedatangan busnya?
    Lama waktu kedatangan bus sesuai time table yang tertera pada pilihan waktu di aplikasi Tijeku, karena time table layanan Royaltrans dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan situasi dan kondisi lingkungan maupun ketersediaan armada.