FAQ Transjakarta

Frequently Asked Questions (FAQ) Layanan Transjakarta

 

1.Apa itu Transjakarta? 

Transjakarta merupakan sebuah perusahaan transportasi yang memiliki sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan dengan jalur lintasan terpanjang di dunia (208 km). Transjakarta pertama kali resmi beroperasi pada 15 Januari 2004. Dan pada 27 Maret 2014, Transjakarta resmi menjadi PT Transportasi Jakarta.

2. Sejak tahun berapakah Transjakarta berdiri?

Transjakarta telah beroperasi melayani masyarakat sejak 15 Januari 2004 namun Transjakarta baru berbentuk PT sejak 27 Maret 2014.

3. Apa saja layanan Transjakarta?

Layanan BRT Transjakarta

Layanan non BRT (non koridor)

Bus Gratis

Bus Wisata Transjakarta #JakartaExplorer

Layanan premium Transjakarta

Transjakarta Cares

Mikrotrans

4. Bedanya BRT dan Non-BRT? 

BRT merupakan singkatan dari Bus Rapid Transit, dimana layanan BRT memiliki jalur khusus yang terpisah dari kendaraan pribadi atau publik lainnya selain Transjakarta.

Sementara itu, layanan non BRT atau non koridor adalah layanan Transjakarta yang melayani pelanggan di jalur umum (bergabung dengan kendaraan lainnya). Layanan ini bertujuan untuk menjangkau lebih banyak masyarakat untuk menggunakan transportasi publik.

5. Ada berapa koridor yang dilayani oleh Transjakarta?

Saat ini Transjakarta telah melayani di 13 koridor yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

6. Ada berapa rute yang dilayani Transjakarta?

Per 31 Desember 2019, Transjakarta telah melayani 247 rute dengan rata – rata penambahan 5 rute pada setiap bulannya.

7. Rutenya bisa dilihat di mana? 

Rute lengkap Transjakarta dapat dilihat pada website resmi Transjakarta www.transjakarta.co.id atau pada aplikasi TiJeKu.

8. Bagaimana cara menggunakan Transjakarta?

Dengan cara tap in pada gate yang terdapat di halte (untuk layanan BRT) dan tap in pada alat tap on bus yang terdapat di bus (untuk layanan non BRT atau non koridor)

9. Berapa tarif Transjakarta?

Tarif ekonomis Transjakarta pada pukul 05:00 – 07:00 adalah Rp 2.000 (jika tap in pada gate atau pada alat tap on bus)

Tarif reguler Transjakarta pada pukul 07.00 – 04.49 adalah Rp 3.500

Tarif Transjakarta terintegrasi dengan Jak Lingko (berbasis jalan) adalah Rp 5000 dari tap in awal.

Tarif Mikrotrans adalah Rp 0 dengan kartu Jak Lingko

Tarif layanan premium Transjakarta, Royaltrans Rp 20.000

10. Apakah anak – anak juga harus membayar tarif yang sama dengan dewasa?

Bagi pelanggan dengan tinggi badan di atas 90 cm maka sudah dikenakan tarif normal

11. Kartu apa saja yang bisa digunakan di Transjakarta?

Jak Lingko, Flazz (BCA), Emoney (Mandiri), Jakcard (Bank DKI), Tapcash (BNI), dan Brizzi (BRI)

12. Apakah satu kartu dapat dipakai oleh beberapa orang?

Saat ini jika pelanggan menggunakan kartu yang berlaku di Transjakarta selain Jak Lingko, kartu tersebut dapat digunakan oleh lebih dari satu orang. Namun, disarankan satu kartu hanya digunakan oleh satu pelanggan.

Jika menggunakan kartu Jak Lingko, satu kartu wajib hanya digunakan oleh satu pelanggan agar dapat menggunakan tarif terintegrasi (khusus transportasi berbasis jalan) yaitu Rp 5000 untuk 3 jam.

13. Apakah bisa menggunakan Transjakarta menggunakan uang tunai?

Tidak, Transjakarta telah menerapkan sistem cash less sehingga harus menggunakan alat bayar yang telah ditentukan

14. Semua Kartu Uang Elektronik (KUE) dapat diisi ulang di semua halte?

Bisa, pelanggan dapat melakukan isi ulang Kartu Uang Elektronik (KUE) di semua halte TJ baik secara debet (sesuai bank penerbit KUE) ataupun secara tunai. Namun untuk isi ulang dengan tunai, pelanggan akan dikenakan biaya layanan. Sehingga disarankan pelanggan untuk melakukan isi ulang di merchant – merchant yang telah bekerja sama dengan para bank penerbit KUE.

Transjakarta juga menyediakan vending machine KUE di halte – halte. Pada mesin tersbeut, pelanggan dapat membeli kartu Jak Lingko serta mengisi ulang Kartu Uang Elektronik (KUE).

15. Apa bedanya mikrotrans dengan Transjakarta?

Mikrotrans merupakan jenis bus kecil atau mikro yang dikelola oleh Transjakarta dan terintegrasi dengan Jak Lingko. Layanan ini dapat digunakan oleh seluruh masyarakat dengan Rp 0* menggunakan kartu Jak Lingko.

16. Apakah Transjakarta beroperasi 24 jam?

Transjakarta beroperasi 24 jam pada koridor  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 , dan 10. 

17. Bedanya Transjakarta biasa dengan Royaltrans?

Layanan Royaltrans merupakan layanan premium dari Transjakarta. Layanan royaltrans memiliki kapasitas sebanyak 30 pelanggan (semua duduk). Layanan ini juga dilengkapi dengan 1 TV, free wifi, usb port untuk pengisian gawai pada setiap kursi, tempat botol minum serta kursi yang nyaman

18. Di lokasi mana saja terdapat park and ride yang berdekatan dengan halte Transjakarta?

Transjakarta sudah menyediakan berbagai jenis layanan mulai dari mikrotrans, non BRT (non koridor) sehingga diharapkan masyarakat sudah dapat menggunakan transportasi umum sejak keluar rumah hingga tiba di tempat tujuan.

19. Berapa menit waktu tunggu bus di rute non BRT?

Dalam kondisi normal, headway (jarak waktu tunggu kedatangan bus) adalah setiap 25 menit pada jam sibuk dan 30 menit pada jam tidak sibuk. Namun, ketepatan waktu tersebut sangat bergantung pada situasi lalu lintas karena adanya mixed traffic.

20. Bagaimana cara menggunakan bus non BRT?
Tunggulah bus non BRT (non koridor) pada bus stop yang tersedia dan pastikan saldo kartu uang elektronikmu mencukupi.
Naiklah dari pintu depan dan tap pada alat tap on bus
Patuhi aturan dan norma yang berlaku selama perjalananmu
Keluar melalui pintu tengah dan tap out pada alat tap on bus

21. Apakah untuk rute GR1 juga wajib untuk tap?
Iya pelanggan wajib untuk melakukan tap in dan tap out pada rute GR1 dan GR2, tenang tetap dikenakan tarif Rp 0- kok!

22. Apa manfaat menggunakan layanan Jak Lingko?

Pelanggan dapat menggunakan tarif terintegrasi yaitu Rp 5000 per 3 jam (lebih hemat) untuk transportasi berbasis jalan. Kartu Jak Lingko juga dapat digunakan untuk mikrotrans dengan tarif Rp 0.

23. Ukuran barang yang boleh masuk ke Transjakarta?

Ukurannya 50 cm x 30 cm x 80 cm

24. Apakah perbedaan Transjakarta Cares dengan layanan reguler lainnya?

Transjakarta Cares merupakan layanan khusus gratis bagi penyandang disabilitas yang digunakan untuk membantu para penyandang disabilitas untuk mengakses halte yang ramah disabilitas.

25. Bagaimana cara memesan layanan Transjakarta Cares?

Pemesanan layanan Transjakarta Cares dapat melalui call center 1500-102 atau melalui nomor 08111545001. Dan saat ini, pemesanan Transjakarta Cares juga dapat diakses melalui aplikasi TiJeKu. Pemesanan dilakukan pada h-1 sebelum penggunaan layanan. 

26. Apakah saya dapat memesan Transjakarta Cares melalui medsos?

Layanan Transjakarta Cares tidak dapat dipesan melalui media sosial. Namun melalui call center 1500-102 atau sms / whatsapp melalui nomor  08111545001. Serta aplikasi TiJeKu

27. Bagaimana cara mendapatkan informasi terkini dari Transjakarta?

Follow semua akun media sosial resmi Transjakarta untuk mengetahui informasi resmi dari Transjakarta dan jangan lupa juga untuk mengunduh aplikasi TiJeKu ya.

28. Berapa call center Transjakarta?

Call center Transjakarta adalah 1500-102. Dan jika memiliki pertanyaan, pelanggan juga dapat mention langsung melalui twitter atau halo TiJe pada aplikasi TiJeKu

29. Apa saja akun sosial media Transjakarta?

Twitter: @pt_transjakarta (https://bit.ly/twittertije)

Instagram: pt_transjakarta (https://bit.ly/instagramtije)

Fanpage facebook PT Transportasi Jakarta (https://bit.ly/fptransjakarta)

Youtube Transjakarta: PT Transportasi Jakarta (https://bit.ly/youtubetj

Aplikasi resmi Transjakarta: TiJeKu (https://bit.ly/tijekuseru)