Berita
10-10-2025
Mulai menjadikan AI sebagai pendorong operasional dan layanan, Transjakarta meluncurkan AI Assistant dan Companion Mode

JAKARTA, 10 Oktober - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) terus memperkuat komitmennya dalam menghadirkan pelayanan terbaik dan modern bagi pelanggan, melalui inovasi di bidang teknologi informasi. Terbaru, Transjakarta memperkenalkan fitur Companion Mode pada aplikasi TJ: Transjakarta dan menghadirkan AI Assistant interaktif untuk mempermudah akses informasi dan pelaporan pelanggan.

Pendamping Digital Sepanjang Perjalanan

Fitur Companion Mode atau Mode Menemani Perjalanan dirancang untuk menjadi pendamping digital yang memandu pelanggan selama menggunakan layanan Transjakarta. Melalui fitur ini, pelanggan dapat menerima panduan secara real time, mendapat notifikasi penting, hingga rekomendasi rute dan pemberhentian, melalui aplikasi TJ: Transjakarta.

Fitur ini memastikan pengalaman perjalanan yang lebih aman, informatif, dan interaktif seolah memiliki asisten pribadi di dalam genggaman.

AI Assistant: Pelayanan Cerdas, Respon Instan

Transjakarta kini memperkenalkan AI Assistant yang telah dikustomisasi khusus sesuai kebutuhan pelayanan Transjakarta. AI ini mampu berinteraksi dua arah dengan pelanggan menjawab pertanyaan, memberikan panduan rute dan jadwal, serta membantu proses pelaporan voice of customer (VoC).

Saat ini, Transjakarta menerima lebih dari 30.000 Voice of Customers setiap bulannya, dengan tingkat respons (response rate) yang sebelumnya belum sepenuhnya otomatis. Kehadiran AI Assistant memungkinkan setiap laporan, pertanyaan, dan masukan pelanggan direspons lebih cepat, akurat, dan terukur sekaligus membantu petugas layanan fokus menangani isu yang memerlukan penanganan langsung oleh manusia.

Komitmen Inovasi Layanan Publik

Direktur Sistem Teknologi Informasi dan Pelayanan Transjakarta, Raditya Maulana Rusdi, menegaskan bahwa pemanfaatan kecerdasan buatan merupakan langkah strategis untuk menjawab kebutuhan masyarakat urban yang dinamis.

“Kami menyadari bahwa waktu dan kemudahan akses adalah hal paling berharga bagi pelanggan kami. Melalui Companion Mode dan AI Assistant ini, Transjakarta menghadirkan pelayanan yang lebih proaktif, cepat, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat perkotaan masa kini,” ujar Raditya.

AI Assistant kami bukan sekadar sistem tanya jawab otomatis, tetapi benar-benar dirancang untuk memandu perjalanan dan memahami konteks interaksi pelanggan. Kami percaya, inovasi ini akan menjadi fondasi penting menuju ekosistem transportasi publik yang lebih cerdas dan manusiawi,” tambahnya.

Langkah Pengembangan ke Depan

Ke depan, Transjakarta akan terus memperluas penerapan teknologi kecerdasan buatan di seluruh lini operasional dan layanan pelanggan.

Saat ini, Transjakarta tengah mengembangkan berbagai jenis teknologi AI mulai dari Generative AI yang akan secara bertahap diluncurkan ke seluruh kanal media sosial, hingga menuju tahap Agentic AI yang mampu melakukan analisis dan tindakan secara otonom dalam meningkatkan kualitas layanan.

Selain itu, pengembangan Computer Vision AI juga terus dilakukan untuk memastikan efektivitas dan efisiensi dalam alokasi armada bus melalui sistem deteksi yang telah dikustomisasi khusus untuk kebutuhan Transjakarta. Teknologi ini diharapkan mampu membantu pengambilan keputusan operasional secara real-time dan berbasis data.

Dengan ekosistem digital yang terus diperkuat, Transjakarta berkomitmen menjadikan transportasi publik Jakarta tidak hanya ramah pengguna, tetapi juga adaptif terhadap perkembangan teknologi global.