JAKARTA, 22 Januari 2024 – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatat pengguna Kartu Layanan Gratis (KLG) mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat. Bahkan hingga akhir tahun 2024 perusahaan mencatat ada lebih dari 17 juta penerima KLG hingga akhir 2024.
Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Operasional dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph saat menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Gelatik Utama, Kantor Walikota Jakarta Selatan pada hari ini, Rabu (22/1). Hadir juga dalam kegiatan ini anggota Komite II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Dapil DKI Jakarta, Happy Djarot, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto dan Kepala Konsultan Wilayah Jakarta Selatan Yayasan Binaan Kanker Nusantara Cabang Provinsi DKI Jakarta Tania Junita Rahman.
Dalam kesempatan itu, Daud berkesempatan memaparkan terkait Kartu Layanan Gratis yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, terutama pada kategori Lanjut Usia. Adapun hingga Desember 2024, pengguna KLG untuk kategori ini mencapai 30.707, naik sebesar 91 persen dibanding tahun sebelumnya sebesar 16.074 pengguna.
Sementara untuk di Jakarta Selatan sendiri, pengguna KLG terbanyak juga dipegang oleh kategori lansia sebanyak 3.702 pengguna. Angka ini diikuti dengan pengguna untuk kategori Guru PAUD sebanyak 311 pengguna dan disusul pengguna kategori Jumantik sebesar 223 pengguna. Sedangkan untuk pengguna untuk kategori disabilitas tercatat digunakan oleh sebanyak 122 pengguna.
Dalam kesempatan itu juga, Daud memaparkan terkait capaian layanan Transjakarta di wilayah Jakarta Selatan yang sudah menyentuh angka 80,40 populasi yang terlayani dengan 81,21 persen luas wilayah yang telah dilayani oleh layanan Transjakarta. Adapun hingga akhir 2024, Transjakarta telah melayani lebih dari 1.3 juta pelanggan per hari.
Daud merinci, hingga saat ini saja Transjakarta memiliki total 7,790 pemberhentian bus atau bus stop yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta. Adapun wilayah Jakarta Selatan merupakan wilayah dengan bus stop terbanyak nomor dua dengan jumlah bus stop 1.877 dibanding dengan Jakarta Timur dengan bus stop sebanyak 2.348. Wilayah lainnya dengan sebaran bus stop yakni wilayah Jakarta Barat (1.358 bus stop), Jakarta Pusat (796 bus stop) dan Jakarta Utara (1.411 bus stop).
Selanjutnya untuk layanan Bus Rapid Transit (BRT) yang melintas di wilayah Jakarta selatan Halte Adam Malik yang melayani rute Ciledug – Tendean (Koridor 13) menjadi halte tersibuk dengan jumlah pelanggan 7.049 per hari. Halte tersibuk lainnya di wilayah ini tercatat dipegang oleh halte CSW dengan melayani 6.035 pelanggan per hari dan Halte Ragunan dengan jumlah pelanggan per hari sebesar 5.676 per hari.