Berita
10-09-2024
Dukung Produksi Dalam Negeri, Transjakarta Gandeng Pindad Untuk Mempercepat Elektrifikasi Armada

 

JAKARTA, 10 September 2024 - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) berkomitmen untuk mengembangkan transportasi berkelanjutan melalui pilar #BersihBerdayaBestari, salah satunya dengan percepatan dekarbonisasi dan elektrifikasi armada.

Mewujudkan sustainability transport, Transjakarta menggandeng PT Pindad sebagai penyedia produk pertahanan berkualitas yang juga mengembangkan bus listrik dalam inovasi produknya.

Kolaborasi ini dituangkan dalam Perjanjian Nota Kesepahaman yang ditandatangani di Halte Tosari, Selasa (10/9). Acara ini dihadiri oleh Kepala Badan Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah (BPBUMD) DKI Jakarta Nasruddin Djoko Surjono, Komisaris Utama Transjakarta Untung Budiharto beserta jajaran komisaris, Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza beserta jajaran, dan Direktur Utama Pindad Abraham Mose beserta jajaran.

Dalam sambutannya, Kepala Badan BPBUMD Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan bahwa kolaborasi ini bisa dijadikan contoh oleh daerah lain dalam mengembangkan transportasi yang ramah lingkungan.

“Melalui kolaborasi ini akan menambah nilai pemberdayaan. Bersih karena ramah kepada lingkungan dan juga bestari karena dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Transjakarta mendukung komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mewujudkan target net zero emission pada 2050 dengan mengoperasikan angkutan berbasis listrik atau electrical vehichles (EV).

“Kita siap berkontribusi lebih banyak sekaligus menghadirkan solusi transportasi publik yang ramah lingkungan dan efisien,” ujar Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza.

Kedepan, rangkaian kerja sama ini meliputi pengembangan bus listrik Transjakarta, pengembangan ekosistem pendukung bus listrik, dan eksplorasi pemenuhan kebutuhan perangkat pendukung operasional Transjakarta.

Welfizon menambahkan bahwa Transjakarta telah mengoperasikan 100 unit bus listrik dan jumlah ini akan bertambah sebesar 200 unit, sehingga total pengoperasian bus listrik mencapai 300 unit pada tahun ini. Targetnya 2030, kami akan mengoperasikan keseluruhan armada dengan bus listrik.

“Kami berkomitmen untuk mendukung elektrifikasi armada Transjakarta dan mudah-mudahan kerja sama ini berjalan dengan baik,” tutup Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose.

 

Informasi Lebih Lanjut:
Email: Humas@transjakarta.co.id
Telp: 021 80879449
Hotline: 1500 102