Berita
22-05-2025
Transjakarta Sukses Membawa Pulang 5 Penghargaan BUMD Entrepreneurial Marketing Award 2025

JAKARTA, 22 Mei 2025 - Transjakarta kembali menorehkan prestasi gemilang. Tidak hanya unggul dalam penyediaan layanan transportasi, Transjakarta juga menunjukkan konsistensi luar biasa dalam aspek pemasaran. Dedikasi ini mengantarkan Transjakarta meraih lima penghargaan sekaligus dalam ajang BUMD Entrepreneurial Marketing Award 2025 yang diselenggarakan oleh Markplus, Inc. Malam penganugerahan bergengsi ini digelar di atrium Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/5) malam.

Transjakarta sukses membawa pulang penghargaan untuk kategori Marketing 5.0 (Gold Winner), Tactical Marketing (Gold Winner), Strategical Marketing (Silver Winner), dan dinobatkan sebagai Best of the Best BUMD Entrepreneurial Marketing Award. Selain itu, Direktur Bisnis dan Pemanfaatan Aset Transjakarta Fadly Hasan juga menerima penghargaan CMO of The Year.

Ayu Wardhani, Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, menyatakan bahwa deretan penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen perusahaan dalam menghadirkan inovasi dan pelayanan terbaik bagi masyarakat. "Penghargaan ini tidak lepas dari upaya Transjakarta dalam mengembangkan berbagai strategi dan pendekatan marketing yang secara langsung memberikan dampak positif terhadap pelanggan Transjakarta," ujarnya.

Strategi Pemasaran 3S: Pelayanan Prima, Kemitraan Strategis, dan Keberlanjutan

Transjakarta mengedepankan strategi pemasaran yang tidak hanya berfokus pada perkembangan bisnis semata, tetapi juga mementingkan kebutuhan pelanggan, meningkatkan nilai dan manfaat melalui kemitraan strategis, dan tetap sejalan dengan program keberlanjutan perusahaan. Pendekatan ini selaras dengan program 3S (Service, Strategic Partnership, dan Sustainability) Transjakarta, yang mendorong pertumbuhan pelanggan dan ekosistem berkelanjutan yang semakin terhubung serta memberikan dampak positif pada lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Strategi marketing Transjakarta secara khusus mencakup:

  • Service (Pelayanan): Perusahaan terus berinovasi dalam merancang strategi pemasaran yang relevan dan efektif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Upaya pemasaran Transjakarta dirancang untuk memberikan pengalaman positif dan nilai tambah yang meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Transjakarta berusaha menciptakan pelanggan yang tidak hanya loyal, tetapi juga menjadi advokat bagi layanan perusahaan. Sebagai contoh, Transjakarta telah berkolaborasi dengan berbagai mitra menjadikan halte dan bus sebagai platform untuk hiburan, bisnis, dan kreativitas, serta memberikanm pengalaman lebih dari sekadar perjalanan.
  • Strategic Partnership (Kemitraan Strategis): Kemitraan strategis dijalin untuk menawarkan berbagai pengalaman baru kepada pelanggan, memperkaya perjalanan mereka dengan Transjakarta, dan meningkatkan nilai serta manfaat yang diterima. Contoh nyatanya adalah kolaborasi Transjakarta dengan berbagai mitra dan brand untuk membagikan takjil gratis kepada pelanggan yang masih dalam perjalanan saat waktu berbuka puasa, menunjukkan kepedulian dan kenyamanan bagi pelanggan.
  • Sustainability (Keberlanjutan): Strategi pemasaran terintegrasi dengan visi perusahaan untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. Hal ini mendorong konektivitas dengan pelanggan dan ekosistem yang lebih luas, selaras dengan program keberlanjutan Transjakarta Bersih, Berdaya, Bestari, yang berfokus pada dampak positif terhadap lingkungan, ekonomi, dan sosial. Salah satu inisiatif inovatif adalah peluncuran program 'Dari Air Jadi Kebaikan,' sebuah platform yang memanfaatkan sumber daya air untuk memberikan manfaat bagi lingkungan dan komunitas, menunjukkan komitmen Transjakarta terhadap keberlanjutan.

Penghargaan ini menegaskan posisi Transjakarta sebagai pemimpin dalam inovasi pemasaran di sektor transportasi publik, dengan fokus utama pada pengalaman pelanggan dan dampak positif jangka panjang yang berkelanjutan.